Pemkab Peringati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-28

Pemkab Peringati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-28

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 tahun 2024 di Paseban Sena Probolinggo, Kamis (27/6/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 350 orang peserta terdiri dari lansia dari 33 puskesmas, OPD terkait, rumah sakit pemerintah dan swasta, 33 kepala puskesmas, Pj program puskesmas, Komda Lansia, narasumber dan instruktur senam dan petugas kesehatan untuk melakukan deteksi dini serta kepala bidang dan jajaran di lingkungan Dinkes Kabupaten Probolinggo.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pemeriksaan kolesterol, kadar gula, tekanan darah dan BB (deteksi dini) serta motivasi di usia senja tetap Bahagia oleh Istiana Desckert dan di usia senja tetap sehat oleh dr Risky Habibie. Sekaligus senam lansia bersama-sama.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan HLUN dicanangkan pertama kali secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang.

“HLUN ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus memberi penghormatan terhadap peran masyarakat kaum lanjut usia atau lansia dalam pembangunan negara,” katanya.

Menurut Tutug, peringatan HLUN setiap tahun adalah bentuk apresiasi pemerintah atas semangat jiwa raga serta peran penting para lanjut usia dan meningkatkan kualitas hidup di masa senja.

“Jumlah lansia di Kabupaten Probolinggo mencapai 168.879 orang. Dari jumlah tersebut mendapatkan pelayanan sebanyak 71492 atau 42,33%. Ini data sampai bulan Mei 2024,” jelasnya.

Tutug menerangkan peringatan HLUN ke-28 ini bertujuan untuk melaksanakan pemberdayaan lansia melalui edukasi Kesehatan dan meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan lansia melalui peningkatan deteksi dini atau skrining. “Selain itu, meningkatkan motivasi lansia dalam mendukung pelayanan kesehatan pada masyarakat terutama ibu hamil, bersalin dan anak,” pungkasnya. (wan)

Kategori