Pj Bupati Ugas Pantau Pelaksanaan Vaksinasi DBD di SDN Sukodadi 1

Pj Bupati Ugas Pantau Pelaksanaan Vaksinasi DBD di SDN Sukodadi 1

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo H. Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si, didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Rita Erik Ugas Irwanto melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi Demam Berdarah Dengue (DBD) di SDN Sukodadi 1 Kecamatan Paiton, Sabtu (14/9/2024).

Turut mendampingi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Hariawan Dwi Tamtomo, Plt Ketua Tim Kerja Arbovirosis Direktorat P2PM Kementerian Kesehatan RI dr. Agus Handito, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jawa Timur drg. Sulvy Dwi Anggraeni, perwakilan dari PT Biofarma Persero dan Forkopimka Paiton.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Ugas dan Pj Ketua TP PKK Rita Erik langsung menyaksikan proses vaksinasi DBD yang diberikan kepada siswa-siswi kelas 3 dan 4 di SDN Sukodadi 1. Vaksinasi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dini bagi anak-anak terhadap ancaman penyakit DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Selain melihat dari dekat proses pelaksanaan vaksinasi DBD, Pj Bupati Ugas juga memberikan semangat kepada para siswa dan siswi kelas 3 dan 4 SDN Sukodadi 1 yang telah selesai divaksinasi DBD maupun yang masih menunggu giliran.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto menyampaikan vaksinasi DBD ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, terutama anak-anak terhadap penyakit menular seperti DBD. “Kami berharap dengan adanya vaksinasi ini, angka kasus DBD di Kabupaten Probolinggo bisa menurun signifikan. Ini adalah langkah preventif yang sangat penting,” katanya.

Lebih lanjut Pj Bupati Ugas mengajak untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan vaksinasi DBD dengan tetap melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk). “Kita dorong masyarakat tetap aktif untuk melakukan PSN 3M Plus (Menguras, Menutup dan Mendaur ulang) di sekitar tempat tinggal, lingkungan kerja maupun lingkungan sehari-hari,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Rita Erik Ugas Irwanto. Ia mengingatkan bahwa peran orang tua sangat penting dalam mendukung program vaksinasi DBD ini. “Kami menghimbau para orang tua untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan vaksin DBD dan selalu memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitar rumah,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo, dr. Hariawan Dwi Tamtomo mengungkapkan vaksinasi DBD ini merupakan salah satu dari rangkaian strategi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dalam rangka penanggulangan DBD.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan DBD terus meningkat, sehingga Kabupaten Probolinggo dapat menjadi daerah yang bebas dari ancaman penyakit DBD,” ungkapnya. (wan)

Kategori